Kamis, 18 April 2013

Microprocessor

Sebuah personal komputer yang bisa terdiri dari CPU, memori, harddisk, diskdrive, input/output device, display screen (monitor), keyboard, mouse, modem, printer, CDROM Drive. PC biasanya merupakan low-cost mesin yang dapat menjalankan fungsi yang ada di komputer-komputer yang lebih besar tetapi menggunakan bantuan software (perangkat lunak) untuk memudahkan pemakaiannya.
Komputer dengan skala kecil dan murah yang dapat dibeli oleh perorangan mulai ada sejak tahun 1970 sejak diketemukannya chip semikonduktor. Sebuah badan usaha kecil dengan nama MITS membuat personal komputer yang pertama yang diberi nama Altair. Komputer tersebut menggunakan microprocessor 8080 dari Intel yang dikembangkan pada tahun 1974. Meskipun Altair lebih populer di kalangan orang-orang yang hobi komputer, pemakaian secara komersial masih sangat terbatas karena pembeli harus merakit komputer tersebut dari model kit.
Industri komputer benar-benar mulai berkembang pada tahun 1977, ketika Apple Computer, Inc. didirikan oleh Steven P Jobs dan Stephen G Wozniak, memperke- nalkan personal komputer yang dirakit secara massal dengan nama Apple II.
Radio Shack dan Commodore Business Machines juga memperkenalkan personal komputer pada tahun tersebut. Mesin tersebut menggunakan 8-bit microprocessor dan memiliki kapasitas memori yang agak terbatas. Tetapi karena personal komputer lebih murah dibanding mainframe yang ada saat itu, sehingga memungkinkan dibeli oleh perorangan, perusahaan-perusahaan kecil dan menengah serta sekolah-sekolah. Apple II mendapat popularitas yang cukup besar ketika menjadi mesin utama yang dapat menjalankan VisiCalc, electronic spreadsheet yang pertama kali (merupakan accounting program). Segera setelah itu, banyak software-software aplikasi mulai dikembangkan untuk personal komputer.
The IBM Corporation ialah satu pembuat komputer terkemuka di dunia belum memasuki pasaran sampai tahun 1981. Pada tahun tersebut perusahaan tersebut mulai mengenalkan IBM Personal Computer, atau disebut IBM PC. Perkembangan IBM PC berlangsung lebih cepat dibanding rival-rivalnya, mempunyai kapasitas memori 10 kali lebih besar dan didukung oleh bagian divisi penjualan yang besar dari IBM. Pada tahun 1982, IBM PC merupakan host mesin bagi 1-2-3, yang merupakan software spreadsheet yang sangat populer yang dikembangkan oleh Lotus Development Corporation.
IBM PC menjadi personal komputer yang paling populer di dunia didukung oleh microprocessor-nya, Intel 8088 dan operating sistem-nya yang diadaptasi dari Microsoft Corporation yaitu MS-DOS yang kemudian menjadi standar industri. Mesin-mesin rival IBM yang lain yang menggunakan microprocessor Intel dan MS-DOS akhitnya disebut sebagai “IBM Compatible”.
Pada tahun 1983, Apple memperkenalkan Lisa, sebuah personal komputer yang menggunakan graphical user interface (GUI) di dalam operasionalnya. Sebuah GUI adalah suatu format display dimana user dapat memilih command, file, start program dan melakukan tugas-tugas lain menggunakan sebuah device yang dinamakan mouse dengan menunjuk pada sebuah simbol gambar (icon) atau menu yang dapat dipilih di layar. GUI dari Lisa akhirnya menjadi basis dari Apple Macintosh personal komputer yang diperkenalkan pada tahun 1984 dan boleh dikatakan sukses. Macintosh sangat berguna untuk desktop publishing karena dapat membuat layout teks dan grafik di layar yang akan dapat dicetak di atas kertas sama seperti layout yang ada di layar.
Grafik interface dari Macintosh tersebut kemudian banyak digunakan oleh pembuat-pembuat personal komputer dan PC software. Pada tahun 1985, Microsoft Corporation memperkenalkan Microsoft Windows, sebuah grafikal user interface yang dapat menjadikan PC dengan basis MS-DOS mempunyai kemampuan yang sama seperti Macintosh. Windows kemudian menjadi operating sistem yang dominan digunakan untuk personal komputer.
Perkembangan software dan operating sistem diimbangi dengan perkembangan microprocessor dalam hal kecepatan membawa perkembangan pesat juga pada personal komputer. Pada tahun 1985 diperkenalkan microprocessor Intel 80386 32-bit, digunakan oleh Compaq Computer Corporation yaitu Compaq 386 pada tahun 1986 dan IBM PS/2 komputer pada tahun 1987 yang memiliki kecepatan yang kapasitas memori yang lebih besar. Apple Mac II komputer juga mengeluarkan microprocessor sejenis yang dibuat oleh Motorola Corporation. Kapasitas memori personal komputer saat itu meningkat dari 60 kilobytes (64.000 karakter) pada akhir tahub 1970 menjadi 100 megabytes (100 juga karakter) pada awal tahun 1990.
Pada tahun 1990, beberapa personal komputer sudah bisa dibuat dalam bentuk ukuran yang kecil dan kompak menjadi sebesar buku yang biasa disebut dengan notebook komputer, dan ada juga yang sebesar ukuran saku (pocket komputer) atau palm-sized (seukuran tangan). Pada tingkat high-end, dibuat multimedia personal komputer yang dilengkapi dengan CD-ROM player dan digital sound sistem yang dapat menampilkan gambar-gambar animasi dan suara yang dapat disimpan dalam bentuk CD-ROM. Personal komputer kemudian berkembang lebih jauh sehingga dapat dihubungkan satu dengan yang lain dalam suatu jaringan (network) dan dapat sharing informasi secara elektronik. Penggunaan personal komputer semakin berkembang dengan diciptakannya software-software aplikasi yang lebih powerful. Pada tahun 1997, kira-kira 40 persen dari tiap rumah tangga di Amerika Serikat sudah memiliki personal komputer.
International Business Machines Corp. (IBM)
IBM, sebuah perusahaan komputer terkemuka di Amerika, dengan market share yang besar baik di United Stated dan di luar US dengan kantor pusatnya terletak di Armonk, NewYork.
Mulai didirikan pada tahun 1911, sebagai Computing-Tabulating-Recording Company, gabungan dari tiga perusahaan kecil yang membuat punch-card tabulator dan peralatan-peralatan kantor lainnya. Nama perusahaan tersebut mulai dianggap berarti pada tahun 1924 di bawah kepemimpinan Thomas Watson, seorang yang mempunyai kemampuan marketing yang tidak bisa diremehkan, yang menjadi general manager pada tahun 1914 dan dikatakan berhasil pada tahun 1924. Melalui Watson inilah perusahaan tersebut menjadi perusahaan terkemuka di Amerika yang memproduksi punch-card tabulating system yang digunakan oleh badan-badan pemerintahan dan private business. Dia juga mengembangkan kedisiplinan yang tinggi dalam mengelola perusahaannya menjadi perusahaan yang kompetitif dan dapat memenuhi permintaan khusus dari para pelanggannya.
Pada tahun 1993, IBM membeli Electromatic Typewriters, Inc., dan kemudian membuat mesin tik elektrik, yang kemudian menjadi pelopor di bidang tersebut. Selama perang dunia II, IBM membantu membangun beberapa high-speed electromechanical calculator yang kemudian menjadi awal dari komputer elektronik. Tetapi perusahaan tersebut menahan pembuatan electronic data-processing system tersebut sampai putra Watson, yaitu Thomas Watson, Jr menjadi presiden di perusahaan tersebut pada tahun 1952 dan men-sponsori pembuatan tersebut. Dengan memasuki bidang komputer tersebut, perusahaan IBM yang bertambah besar tersebut memungkinkan untuk menambahkan investasi yang cukup besar dalam bidang pengembangan. Dengan investasi tambahan tersebut, produk-produknya ditambah lagi dengan memproduksi office-calculating mesin, menambah ahli-ahli di bidang marketing, dan komitmen dalam hal perbaikan dan servis, sehingga ini semua menjadikan IBM meraih posisi yang paling dominan dalam pasaran komputer di Amerika. Sampai tahun 1960 IBM telah memproduksi 70% komputer-komputer yang ada di dunia dan 80% nya digunakan di Amerika Serikat.
Spesialisasi IBM adalah di mainframe komputer, dalam skala medium sampai skala besar yang dapat memproses data numerik pada kecepatan yang tinggi. Perusahaan tersebut tidak masuk dalam pasaran personal computer sampai tahun 1981, yang setelah itu memperkenalkan IBM Personal Computer. Produk tersebut kemudian menguasai pasar, tetapi sayangnya IBM tidak dapat mendominasi sebagai pembuat personal computer. Chip-chip semikonduktor baru dengan teknologi barunya menjadikan komputer menjadi semakin kecil bentuknya dan semakin mudah diproduksi, yang memungkinkan banyak perusahaan kecil memasuki pasaran pembuatan komputer tersebut dan semakin banyak diciptakannya komputer-komputer jenis lain seperti workstation, computer network dan computer graphics. Kebesaran nama IBM akhirnya tidak dapat mengimbangi perkembangan teknologi yang sangat cepat ini, dan mulai tahun 1990 perusahaan tersebut mulai menurun perfomanya. Akhirnya pada atahun 1995, IBM membeli Lotus Development Corporation, sebuah perusahaan software yang cukup besar.
IBM kemudian membuat produk-produk yang berhubungan dengan information processing, storage dan retrieval. Dan untuk menjadikan perusahaan komputer tersbesar di dunia, IBM memproduksi mesin tik elektrik, elektronik cash register, dan mesin-mesin business lainnya.
Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU) merupakan komponen yang paling utama dalam sebuah sistem komputer digital, yang umumnya merupakan gabungan dari main memory, control unit, dan arithmetic-logic unit. Kesemua komponen tersebut yang merupakan inti dari sebuah sistem komputer, yang kepadanya dihubungkan bermacam-macam peripheral termasuk input/output device dan auxiliary storage unit.
Control unit dari CPU mengatur kerja dari sistem komputer. Caranya dengan memilih dan mengambil instruksi dari main memory dalam urutan yang benar dan kemudian meng-interpretasikan-nya supaya dapat dipakai untuk mengaktifkan fungsi-fungsi elemen yang lain sesuai dengan urutan yang diinginkan. Semua data input di-transfer memalui main memory ke CPU, yang melibatkan empat macam fungsi proses dasar yaitu: addition, subtraction, multiplication, dan division.
Microprocessor
Microprocessor adalah sebuah komponen rangkaian elektronik terpadu yang terdiri dari rangkaian aritmatik, logik dan kontrol yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi sebuah CPU (Central Processing Unit) dari sebuah komputer digital. Rangkaian elektronika terpadu tersebut dapat menerjemahkan dan menjalankan instruksi dari sebuah program serta menangani operasi aritmatik.
Microprocessor dikembangkan pada akhir tahun 1970 sebagai hasil dari teknologi LSI (Large Scale Integration), suatu rangkaian elektronik terpadu yang memungkinkan menggabungkan ribuan transistor, dioda, dan resistor pada sebuah chip silikon sebesar 5 mm persegi. Pada awal tahun 1980 teknologi VLSI (Very Large Scale Integration) berkembang sangat pesat dan digunakan sebagai rangkaian elektronik dalam sebuah microprocessor, yang mampu menggabungkan ratusan ribu komponen elektronik dalam sebuah chip yang mempunyai ukuran sama dengan chip LSI.
Dengan semakin berkembangnya teknologi pembuatan microprocessor dan semakin murahnya biaya produksi yang digunakan, memungkinkan para insinyur komputer untuk mengembangkan microcomputer. Komputer semacam ini mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada televisi portabel tetapi mempunyai kemampuan hitung yang cukup baik untuk dipakai dalam bisnis, industri dan ilmu pengetahuan. Microprocessor tersebut juga memungkinkan pengembangan produk-produk seperti intelligent-terminal, automatic teller machine dan point of sale terminal yagn biasa dipakai di toko-toko retail. Microprocessor juga banyak digunakan ebagai rangkaian kontrol dalam industri robot, alat-alat penelitian, dan peralatan-peralatan rumah sakit. Kemajuan teknologi tersebut juga memungkinkan microprocessor dipakai untuk produk-produk konsumen seperti: programmable microwave oven, televisi, game-game elektronik dan juga dalam bidang-bidang otomotif.
Integrated Circuit (IC)
Integrated Circuit (IC) juga disebut Microcircuit adalah sekelompok komponen elektronik, yang digabungkan menjadi satu kesatuan rangkaian dalam suatu chip yang dinamakan substrate (atau biasa disebut silikon). Satu kesatuan unit tersebut terdiri dari aktif semikonduktor (transistor dan dioda) dan pasif komponen (kapasitor dan resistor). Komponen-komponen yang digabungkan tersebut dalam ukuran mikroskopis.
Selama perang dunia II, peralatan-peralatan elektronik dalam bentuk yang sangat kecil sangat dibutuhkan. Karena itu para insinyur pada jaman itu belajar untuk mendapatkan suatu metoda agar konstruksi rangkaian elektronik dapat diperkecil. Sejak diketemukannya transistor pada tahun 1947, revolusi rangkaian elektronik mulai menampakkan perubahan yang berarti. Transistor tidak hanya merupakan solid-state device yang pertama, yang mempunyai kemampuan untuk memperkuat sinyal, tetapi juga menghasilkan perubahan yang potensial dalam hal semikonduktor karena dapat menghasilkan komponen dalam bentuk yang sangat kecil. Dari transistor tersebut dibuat rangkaian pertama dalam bentuk integrated circuit yang disebut monolithic integrated circuit pada tahun 1958. Sejak saat itu perkembangan teknologi integrated circuit terus berkembang.
IC yang mula-mula hanya terdiri dari 10 buah komponen dalam sebuah chip silikon berukuran 3 mm persegi). Pengembangan LSI (Large Scale Integration) pada permulaan tahun 1970 memungkinkan untuk menggabungkan ribuan transistor dan beberapa komponen lain dalam sebuah chip yang kira-kira ukurannya sama dengan sebelumnya. Teknologi tersebut membawa pengembangan ke arah microprocessor, yang merupakan sebuah IC yang terdiri dari rangkaian aritmatik, logik, dan kontrol untuk melaksanakan fungsi-fungsi central processing unit (CPU). Teknologi VLSI (Very Large Scale Integration) kemudian mulai dikembangkan sejak 1980 dan mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga dihasilkan microprocessor yang terdiri dari lebih 20.000.000 transistor dalam sebuah chip dengan ukuran kurang dari 2 cm persegi.
Integrated circuit kemudian berkembang terus dengan ukuran yang semakin kecil dan mempunyai kemampuan yang jauh lebih baik dibanding rangkaian konvensional karena ukurannya yang jauh lebih kecil dan pemakaian sumber daya yang jauh lebih kecil pula serta kemampuan proses yang jauh lebih cepat. Perkembangan integrated circuit terus berkembang dan semakin kompleks dan digunakan di semua sektor industri elektronika. Dengan adanya integrated circuit, revolusi peralatan elektronik semakin cepat dan banyak digunakan di hampir semua peralatan seperti kamera, microwave oven, dan PC yang semula tidak terpikirkan.
Operating System
Operating System adalah software yang mengontrol operasional suatu komputer dan proses dari program-program yang dijalankan. Operating system adalah sekumpulan instruksi yang sangat kompleks yang mengatur urutan dari suatu pekerjaan yang harus dilakukan oleh komputer dengan mengalokasikan instruksi-instruksi tersebut ke berbagai macam hardsare sistem yang ada seperti: central processing unit, main memory, dan peripheral sistem. Operating system memerintahkan central processor, storage, eksekusi program dan tugas-tugas khusus seperti mengakses file, menjalankan software aplikasi, mengontrol monitor dan memory storage device serta menginterpretasikan perintah-perintah dari keyboard. Ketika sebuah komputer menjalankan beberapa tugas secara bersamaan, operating system bertindak mengalokasikan computer’s time dan resources pada urutan waktu yang paling efisien, tugas-tugas mana yang mendapat prioritas untuk dikerjakan dulu. Proses ini yang biasa disebut dengan time-sharing. Operating system juga mengatur interaksi komputer yang satu dengan yang lain dalam suatu network.
Seorang ahli matematika dari Inggris, Charles Babbage pernah membayangkan bagaimana sekelompok instruksi yang harus dijalankan untuk sebuah digital komputer dalam desain-nya yang disebut “analytical engine” (1834), tapi proyek tersebut tidak pernah terwujud. Operational stored-program komputer diselesaikan pertama kali pada tahun 1949 di University of Cambridge. Operating system yang banyak dipakai tahun 1950 sampai 1980 kebanyakan dikembangkan oleh private company untuk menjalankan mainframe computer dan aplikasi. System yang paling populer untuk mainframe saat itu dibuat oleh International Business Machines Corporation (IBM) — termasuk MVS, DOS.VSE, dan VM.
Sebagai tambahan untuk sistem-sistem proprietary, open operating system mulai dikembangkan untuk menjalankan komputer-komputer yang dibuat oleh pihak ketiga. Open operating system tersebut mulai dikenal sejak tahun 1980 dan sampai sekarang banyak digunakan untuk menjalankan personal komputer (PC) dan workstation. Operating system yang dominan adalah disk operating system (DOS) yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Yang juga populer adalah Microsoft’s Windows NT, yang dapat mendukung enhanced komputer grafik.
Disamping operating system untuk mainframe dan PC, network operating system juga telah dikembangkan sehingga PC dan workstation dapat saling berhubungan dan menggunakan peripheral secara bersama dan dapat berkomunikasi dengan mainframe dan server. Network operating system biasanya bertindak sebagai layer tambahan diatas primary operating system, seperti DOS. Network operating system yang dominan misalnya: Novell Inc’s UNIX, sebuah operating system yang didesain untuk network workstation, dan Novell Netware yang merupakan pioner network operating system.
Software (Perangkat Lunak)
Software adalah sekumpulan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Software meliputi kumpulan program, procedure dan routine yang berhubungan dengan operasi sistem komputer. Istilah-istilah tersebut untuk membedakan instruksi-instruksi yang dilakukan oleh hardware yaitu komponen fisik dari suatu sistem komputer. Sekumpulan instruksi yang memerintahkan hardware komputer untuk melakukan suatu tugas disebut program atau software program.
Dua jenis utama dari software adalah system software dan application software. System software mengontrol fungsi internal dari sebuah komputer melalui operating system, dan juga mengontrol beberapa peripheral seperti monitor, printer, dan storage device. Sedangkan application software, memerintahkan komputer untuk menjalankan command yang diberikan langsung oleh user, dengan kata lain termasuk program-program untuk memproses data yang dikehendaki user. Application software meliputi word processor, spreadsheet, database management, inventory dan payroll program dan banyak lagi aplikasi-aplikasi yang lainnya. Kategori lain yang termasuk dalam aplikasi software adalah network software, yang mengatur komunikasi data yang terjadi antara komputer-komputer yang terhubung ke network.
Software biasanya disimpan di storage devise seperti hard drive atau magnetic diskette. Ketika program akan digunakan, komputer akan membaca dan memanggil program tersebut dari storage device dan menempatkan instruksi – instruksi yang dipanggil ke random access memory (RAM). Proses tersebut disebut dengan “running” atau “executing” program. Secara kontras ada yang dinamakan “hard software” yang maksudnya software program dan procedure secara permanen disimpan di memori komputer tetap yang dinamakan read only memory (ROM) yang biasanya disebut “firmware”.
Workstation
Workstation adalah sebuah high-performance computer system yang dirancang untuk single user dan mempunyai kemampuan grafik yang bagus, kapasitas penyimpanan yang besar, dan memiliki microprocessor yang cepat (central processing unit). Sebuah workstation mempunyai kemampuan yang lebih dibanding sebuah personal computer (PC) tetapi sedikit lebih rendah dibandingkan sebuah midrange computer (yang dapat mengatur sebuah network yang lebih besar dan menangani data-processing yang lebih baik). Istilah workstation kadang kala dipakai untuk menggambarkan sebuah dumb-terminal yang terhubung ke komputer mainframe.
Kebanyakan workstation menggunakan microprocessor yang menggunakan arsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computing), sebagai pengganti dari CISC (Complex Instruction Set Computing) yang digunakan di PC. Dengan arsitektur RISC tersebut, proses pemindahan data menjadi lebih cepat. Sebagai akibat penggunaan arsitektur RISC tersebut, application software yang dijalankan di workstation tersebut harus mengikutsertakan lebih banyak instruksi yang lebih kompleks dibanding aplikasi yang menggunakan arsitektur CISC. Microprocessor workstation biasanya menggunakan 32-bit addressing (untuk kecepatan transfer data), tidak seperti PC yang hanya menggunakan 16-bit. Beberapa workstation yang lebih advance menggunakan 64-bit processor yang mempunyai kapasitas data-addressing 4 juta kali lebih banyak dibanding yang menggunakan 32-bit.
Kemampuan processing yang tinggi tersebut memungkinkan high-end workstation menggunakan high-resolution atau three-dimensional graphic interface, multitasking software, serta kemampuan untuk berkomunikasi yang lebih baik dengan komputer yang lain. Workstation kebanyakan digunakan untuk perhitungan-perhitungan scientific dan engineering task. Juga banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi bisnis dan finansial yang kompleks. Sebagai tambahan, high-end workstation sering digunakan sebagai server dimana client-client nya adalah PC.
Workstation dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1981 oleh National Aeronautics and Space Administration untuk Apollo space program dan mulai dikomersialkan sejak tahun 1983. Perbedaan utama antara PC dan workstation terletak pada kemampuan grafik dan data-processing. Tetapi perkembangan teknologi grafik, mikroprosesor dan arsitektur RISC yang digunakan dalam high-end PC menyebabkan perbedaan tersebut semakin kabur.
Desktop Publishing
Desktop Publishing adalah penggunaan personal computer untuk melakukan tugas-tugas publishing yang biasanya memerlukan peralatan dan tenaga kerja yang lebih kompleks. Dengan desktop publishing, setiap individu dapat menggabungkan sendiri teks, data numerik, photograph, chart, dan elemen-elemen visual lain dalam sebuah dokumen yang kemudian dapat dicetak melalui printer. Keunggulan desktop publishing dibanding publishing konvensional terletak pada biayanya yang lebih murah dan penggunaan yang lebih mudah.
Sebuah desktop publishing system standar terdiri dari sebuah personal computer, sebuah video monitor, sebuah high-resolution printer, dan bermacam-macan input device, seperti keyboard, mouse, atau scanner digital. Beberapa sistem memiliki memory storage unit, communication device, dan peripheral equipment lain. Yang perlu dibutuhkan lagi adalah salah satu software aplikasi yang digunakan untuk keperluan desktop publishing tersebut, yaitu program aplikasi yang dapat menyusun elemen-elemen teks dan grafik. Banyak software desktop publishing yang cukup powerful yang menawarkan fitur-fitur yang mempunyai kemampuan untuk word processing dan grafik.
Komputer Apple
Komputer Apple adalah perusahaan pembuat personal computer, computer peripheral, dan computer software di Amerika. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan pembuat personal computer yang pertama kali sukses dan populer dengan graphical user interface nya. Kantor pusatnya terletak di Cupertino, California.
Apple Computer, Inc. didirikan bermula dari impian panjang Stephen G. Wozniak untuk membuat komputernya sendiri. Impian tersebut mulai terwujud pertama kali tahun 1975 saat microcomputer komersial pertama, Altair 8800 dalam bentuk kit mulai dipasarkan.
Dibantu dukungan dari teman-temannya di Homebrew Computer Club, Wozniak merencanakan untuk membuat sendiri microcomputernya. Pada tahun 1976, ketika Wozniak masih bekerja di Perusahaan Hewlett-Packard sebagai engineer mengajukan desain dia dan ditolak, kemudian Wozniak yang saat itu berumur 26, bersama-sama dengan teman kelasnya yang lebih muda, Steven P. Jobs, 21 tahun, bekerja sama guna melaksanakan rencananya untuk memproduksi microcomputer tersebut di garasi keluarga Jobs, dan mulai saat itulah legenda Silicon Valley garage start-up company lahir. Jobs dan Wozniak memberi nama perusahaan mereka Apple.
Untuk modal pertama, Jobs menjual mobil VW nya dan Wozniak menjual programable kalkulatornya. Model pertama mereka berupa sebuah working circuit board yang sederhana, tetapi pada tahun 1977 atas desakan Jobs, mereka mengeluarkan model versi baru berupa mesin stand-alone dalam sebuah kotak molding plastik, tidak menggunakan kotak model besi lagi seperti yang pertama mereka buat. Komputer dengan nama Apple II ini juga menawarkan display bewarna dan fitur-fitur lain dari kreasi Wozniak yang memikat hati para pemakainya.

0 komentar:

Posting Komentar