Minggu, 21 April 2013

Membuat Studio Rekaman Musik Untuk Bikin Lagu Sendiri di Rumah

Membuat rekaman lagu sendiri di rumah tanpa Studio Musik ternyata gampang dengan menggunakan Magix Music Maker 2005 Deluxe. Magix Music Maker adalah sebuah program yang dapat digunakan untuk membuat bermacam-macam suara musik yang bisa kita kreasikan sendiri. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai alat editing musik. Cara menggunakannya juga sangat mudah dan simpel, Beberapa fitur yang terdapat dalam Software Magix Music Maker :
  • Merekam suara vokal penyanyi & musik
  • Memotong/menghilangkan bagian musik
  • Membuat Video Klip
  • Mengedit foto
  • Bikin lagu karaoke dan MIDI
  • Memberi efek suara musik dan lagu
  • Dll
Saya ingin memberikan teknik sederhana membuat musik dan lagu sendiri memakai program keren ini. Karena sepertinya cukup banyak yang ingin tahu dan belajar menjadi seorang musisi. Untuk kamu yang ingin membuat lagu rekaman sendiri dapat menggunakan program ini dengan mudah lewat Komputer yang ada di rumah. Jadi tanpa kursus musik bahkan tanpa harus terlalu ahli dalam memainkan alat musik, kita tetap bisa menciptakan karya musik yang diinginkan. Tapi paling tidak kamu harus punya sedikit bakat seni atau memiliki perasaan sebagai seorang pecinta seni.

Menggunakan program ini membutuhkan imajinasi, seperti mendengarkan suara musik tanpa mendengarkan suara musik. Wah, bingung dengan kalimat diatas? jangan bingung! begitulah yang namanya imaginasi, tanpa ada suara apapun yang kita dengarkan langsung melalui telinga, tapi didalam hati, pikiran, atau yang mungkin lebih tepatnya khayalan, kita bisa mendengarkan suara dengan nada-nada tertentu yang beraturan dengan susunan notasi yang indah dan bagus. Jika berhasil berimajinasi seperti ini, menggunakan program ini pasti jadi lebih mudah.
Lihat pada gambar : dibagian bawah ada tulisan Synthesizer, saat di klik akan tampil beberapa jenis suara alat musik seperti : Gitar, Bass, Drum. Piano. Keyboard dan beberapa jenis suara musik lainnya yang punya efek keren. Bahkan ada juga Scratchbox.syn seperti alat yang sering digunakan DJ.

Dari beberapa jenis suara tersebut kita bisa berkreasi dengan membuat satu-persatu suara yang kita inginkan, misalnya membuat suara Gitar, arahkan saja mouse pada bagian MasterGuitar.syn, lalu tarik kebagian tabel untuk menyusunnya. Jika suara MasterGuitar.syn sudah ada pada tabel, coba klik 2 kali, maka akan muncul tampilan seperti piano, disitulah kita bisa mengatur irama nada dan ketukan atau tempo cepat lambat yang diinginkan. Untuk mengatur Equlizernya tinggal klik kanan saja lalu pilih pengaturan Equlizer yang kita inginkan seperti Echo, Treble dan lain sebagainya.

Jika tidak ingin menggunakan suara yang terdapat pada program Magix Music Maker ini. Kita juga bisa memasukkan unsur musik lain dari luar yang dimainkan secara langsung. Gunakan saja Jack Audio dan menghubungkannya ke Komputer lalu merekamnya.
Untuk merekam, tekan saja huruf R yang ada di keybord komputer, maka akan tampil fitur rekaman seperti gambar dibawah ini, dan kita juga bisa merekam suara kita bernyanyi mengisi suara vokal untuk melengkapi suara musik yang kita buat jika sudah jadi.
Jika semua proses rekaman sudah selesai, kita bisa menyimpannya menjadi file Wave atau Mp3. Caranya klik pada tulisan file yang ada di bagian paling atas program, lalu pilih Export Arrangement. Dan siap untuk didengarkan.

0 komentar:

Posting Komentar